Pengenalan Enterprise Architecture Framework

EAF

Enterprise architecture adalah sebuah istilah yang terdiri dari dua kata enterprise dan architecture. Secara bahasa enterprise berarti “perusahaan”. Sedangkan secara istilah, enterprise dapat dikatakan sekumpulan organisasi kecil yang berkumpul membentuk sebuah organisasi yang besar di mana antar organisasi kecil tersebut terjadi pertukaran informasi baik dalam bentuk laporan, komunikasi langsung, dan lain sebagainya demi menuju sebuah tujuan yang sama.

Kata arsitektur biasanya terkait dengan sebuah rancangan,  terutama lebih dekat kepada rancangan sebuah bangunan. Sebelum membangun sebuah bangunan kita terlebih dahulu membuat gambar arsitektur. Berdasarkan dari rancangan itulah sebuah bangunan tersebut dibangun. Konsep tersebut dapat diterapkan dalam membangun sebuah teknologi dan sistem informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Di dalam sebuah jurnal dikatakan arsitektur adalah organisasi fundamental dari sebuah sistem, yang mencakup komponen-komponennya, hubungan antar komponen satu sama lain dan lingkungannnya, serta dasar atau prinsip yang menentukan perancangan atau disain sebuah evolusi”(Lankhorst, Mark, 2009).

Dari penjelasan dua kata di atas dapat dikatakan bahwa definisi enterprise architecture adalah sebuah rancangan yang bersifat fundamental dari sebuah orgasniasi yang menggambarkan visi, misi dan alur bisnis dari organisasi tersebut. Sebagaimana layaknya arsitektur bangunan, hasil enterprise architecture juga terdiri dari dokumen-dokumen seperti gambar, dokumen berupa tekstual, diagram, model dan standar.

Pengembangan teknologi dan sistem informasi di sebuah organisasi atau perusahaan sering kali tidak didasari dari sebuah perancangan yang baik dan jelas tentang seperti apa teknologi dan sistem informasi yang dibutuhkan, bagaimana pengembangan di masa yang akan datang, dan apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan teknologi dan sistem informasi tersebut sehingga teknologi dan sistem informasi yang dibangun terkadang tidak efisien bahkan kurang sesuai dengan misi dari perusahaan. Untuk itu dalam pembangunan atau pengembangan teknologi dan sistem informasi diperlukan sebuah arsitektur yang kemudian arsitektur tersebut menjadi sebuah rencana induk perusahaan yang menjadi acuan atau pedoman misalnya seperti apa hardware atau software yang dibutuhkan dan lain sebagainya.         Istilah enterprise architecture dipopulerkan oleh John A. Zachman di sekitar tahun 1980 dengan devinisi bahwa enterprise architecture adalah deskripsi dari misi stakeholder yang di dalamnya termasuk informasi, fungsi atau kegunaan, lokasi organisasi dan parameter kinerja. Enterprise architecture menggambarkan rencana untuk mengembangkan sebuah sistem atau sekumpulan sistem (Osvalds, Gundars, 2001). Bagaimana implementasi dari enterprise architecture bisa digunakan oleh organisasi, sebaiknya organisasi mengadopsi sebuah metode atau framework yang bisa digunakan dalam melakukan pengembangan enterprise architecture tersebut. Sehingga dengan adanya metode enterprise architecture diharapkan dapat mengelola sistem yang kompleks dan dapat menyelaraskan bisnis dan teknologi informasi yang akan diinvestasikan (Kourdi, 2007).

Jadi tujuan dan manfaat penerapkan enterprise architecture adalah sebagai berukut:

  1. Sebagai penjabaran hubungan keterkaitan antara organisasi dengan teknologi dan sistem informasi.
  2. Sebagai acuan dalam melakukan pembangunan dan pengembangan teknologi dan sistem informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.
  3. Sebagai pendukung pengambilan keputusan untuk investasi.
  4. Untuk mengurangi redudansi atau tumpang tindih teknologi dan sistem informasi sehingga teknologi dan sistem informasi yang diterapkan akan lebih efektif.
  5. Untuk mempermudah dalam mencari kerusakan ketika melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Enterprise Architectute Framework (EAF)

Dalam pengembangan sebuah enterprise architecture akan lebih baik dan lebih mudah jika mengikuti sebuah kerangka berpikir tertentu. Kerangka berpikir dalam pengembangan enterprise architecture tersebut dikenal dengan istilah enterprise architecture framework (EA framework). Enteprise architecture framework adalah suatu alat yang bisa digunakan untuk mengembangkan cakupan luas dari arsitektur-arsitektur yang berbeda (CIO Council, 2001). Architecture framework harus mendeskripsikan sebuah metode untuk merancang sistem informasi dalam term kumpulan building block dan memperlihatkan bagaimana building block tersebut sesuai antara satu dengan yang lainnya. Penggunaan EA framework akan mempercepat dan menyederhanakan pengembangan arsitektur, memastikan cakupan yang lengkap dari solusi desain dan memastikan arsitektur yang terpilih akan memungkinkan pengembangan di masa depan sebagai respon terhadap kebutuhan binis (Setiawan, Iwan, 2009).

Framework merupakan suatu ide, pemikiran, dan konsep yang digunakan untuk membuat pemikiran lain yang lebih spesifik dalam suatu obyek. Framework juga dapat digunakan untuk mengelompokkan suatu organisasi yang penting bagi manajemen organisasi tersebut dan digunakan juga dalam pengembangan sistem perusahaan yang akan datang (Zachman, John A, 1996). Enterprise architecture framework memiliki beberapa kegunaan diantaranya adalah dapat mengidentifikasikan suatu jenis informasi yang dibutuhkan organisasi untuk menggambarkan enterprise architecture. Enterprise architecture framework juga dapat mengelompokkan jenis informasi dalam struktur yang logis, dan menggambarkan hubungan antara jenis informasi tersebut (Setiawan, 2009).

Dalam mengambangkan sebuah enterprise architecture, diperlukan pengadopsian sebuah enterprise architecture framework. Terdapat berbagai macam framework yang dapat diterapkan dalam sebuah pengembangan architecture enterprise. Untuk itu perlu dilakukan pemilihan enterprise architecture framework yang tepat untuk setiap enterprise architecture.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s