Pengenalan Moodle

mosiac-moodle

Moodle, kelas online

 Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas” digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Moodle itu sendiri adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment.

Kata Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat men-download aplikasi Moodle di alamathttp://www.moodle.org/ . Saat ini Moodle sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi di lebih dari 160 negara didunia.

Aplikasi Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Saat ini Moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara Open Source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
• Apache Web Server
• PHP
• Database MySQL atau PostgreSQL
Dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun sistim dengan konsep E-Learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan konsep ini sistim belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu. Seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi kuliah dari mana saja. Begitu juga seorang mahasiswa/siswa dapat mengikuti kuliah dari mana saja.
Bahkan proses kegiatan test ataupun kuis dapat dilakukan dengan jarak jauh. Seorang dosen/guru/pengajar dapat membuat materi soal ujian secara online dengan sangat mudah. Sekaligus juga proses ujian atau kuis tersebut dapat dilakukan secara online sehingga tidak membutuhkan kehadiran peserta ujian dalam suatu tempat. Peserta ujian dapat mengikuti ujian di rumah, kantor, warnet bahkan di saat perjalanan dengan membawa laptop dan mendukung koneksi internet.
Berbagai bentuk materi pembelajaran dapat dimasukkan dalam aplikasi Moodle ini. Berbagai sumber (resource) dapat ditempelkan sebagai materi pembelajaran. Nasakah tulisan yang ditulis dari aplikasi pengolah kata Microsoft Word, materi presentasi yang berasal dari Microsoft Power Point, Animasi Flash dan bahkan materi dalam format audio dan video dapat ditempelkan sebagai materi pembelajaran.
Berikut ini beberapa aktivitas pembelajaran yang didukung oleh Moodle adalah sebagai berikut:
Assignment : Fasilitas ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta pembelajaran secara online. Peserta pembelajaran dapat mengakses materi tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
Chat : Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses chatting (percakapan online). Antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat melakukan dialog teks secara online.
Forum : Sebuah forum diskusi secara online dapat diciptakan dalam membahas suatu materi pembelajaran. Antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat membahas topik-topik belajar dalam suatu forum diskusi.
Kuis : Dengan fasilitas ini memungkinkan untuk dilakukan ujian ataupun test secara online.
Survey : Fasilitas ini digunakan untuk melakukan jajak pendapat.
Moodle juga menyediakan kemudahan untuk mengganti model tampilan (themes) website e-learning dengan menggunakan teknik template. Beberapa model themes yang menarik telah disediakan oleh Moodle. Selain itu tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk merancang dan membuat bentuk tampilan (themes) sendiri.
Bahasa : Beberapa pilihan bahasa juga telah disediakan oleh aplikasi Moodle. Dukungan terhadap bahasa tertentu ini terus berkembang dan dapat di dapatkan dengan cara men-download-nya dari website Moodle. Saat ini penggunaan bahasa Indonesia juga telah didukung oleh Moodle. Sehingga website pembelajaran yang kita buat tersebut tampil dalam bahasa Indonesia.
Moodle mendukung pendistribusian paket pembelajaran dalam format SCORM (Shareble Content Object Reference Model). SCORM adalah standard pendistribusian paket pembelajaran elektronik yang dapat digunakan untuk menampung berbagai macam format materi pembelajaran, baik dalam bentuk teks, animasi, audio dan video. Dengan menggunakan format SCORM maka materi pembelajaran dapat digunakan dimana saja pada aplikasi e-learning lain yang mendukung SCORM. Saat ini telah banyak aplikasi e-learning yang mendukung format SCORM ini. Dengan demikian maka antar lembaga pendidikan, sekolah ataupun kampus dapat saling berganti materi e-learning untuk saling mendukung materi pembelajaran elektronik ini. Dosen atau pengajar cukup membuat sebuah materi e-learning dan menyimpannya dalam file dengan format SCORM dan memberikan materi pembelajaran tersebut dimanapun dosen atau pengajar itu bertugas.
Demikianlah ulasan dan pembahasan singkat tentang penggunaan Moodle dalam mendukung kegiatan pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajaran jarak jauh (distance learning). Semoga bermanfaat bagi Anda semua dan tentunya dapat membuka wawasan kita tentang konsep e-learning dan berbagai macam kemudahannya (sumberhttp://www.ilmukomputer.com/
http://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=110318

Apa itu Moodle?
Moodle adalah sistem manajemen pembelajaran (LMS, juga disebut VLE).

Bagaimana saya mulai menggunakan Moodle?
Anda dapat men-download dan menginstalnya pada server Anda. Jika Anda ingin mencobanya untuk diri sendiri Anda dapat menggunakan salah satu account di Situs Demonstrasi Moodle. Untuk melihat contoh situs dengan konten, kunjungi situs Demonstrasi Sekolah.

Di mana saya mendapatkan itu (dari)?
Anda dapat men-download Moodle di http://www.moodle.org dalam berbagai paket dan menginstal sendiri atau memiliki Moodle Mitra (cv.whitecyber) untk melakukannya untuk Anda. Beberapa hosting menawarkan Moodle sebagai bagian dari paket hosting mereka, namun untuk pengembangan lebih lanjut pihak hosting biasanya tidak ikut mengembangkannya. Hosting lainnya menawarkan Moodle gratis tetapi ini biasanya datang dengan kondisi terpasang, misalnya, situs Anda mungkin memiliki iklan di dalamnya. Bila ingin memiliki moodle dengan tampilan yang independent dapat menghubungi cv.whitecyber.

Apakah saya harus tahu teknologi untuk menggunakan Moodle?
Untuk menggunakan Moodle, Anda hanya perlu keterampilan browsing web dasar. Untuk menginstal, Anda membutuhkan pengetahuan lebih, tetapi untuk mendapat bimbingan lebih hubungi cv.whitecyber untuk mendapatkan tutorial berupa softcopy maupun hardcopy sehingga anda dapat dengan mudah belajar sendiri atau dibimbing secara teknis / secara On-Line.

Berapa usia peserta didik dan peraturan pendidikan adalah paling tepat untuk Moodle?
Moodle dapat berhasil digunakan dari tahun-tahun awal sekolah dasar (misalnya dari Selandia Baru) ke universitas-universitas di seluruh dunia. Moodle dapat disesuaikan dengan peserta didik dari segala usia di setiap lingkungan belajar.

Apakah Moodle hanya untuk pembelajaran online?

Moodle dapat digunakan tidak hanya dilingkungan pendidikan. Namun, dalam banyak kasus Moodle digunakan untuk mendukung dan menggabungkan face-to-face interaksi dengan e-learning, m-learning dan bentuk-bentuk pembelajaran lainnya.

Apakah ada ketentuan dalam Moodle untuk orang dengan cacat?
Tentu saja. Moodle mendukung teknologi bantu banyak seperti layar-pembaca, mouse layar-bantu, alternatif dan menggunakan kunci, menonaktifkan dari AJAX dan Javascript, dan banyak lagi. Lihat dan bergabung dalam diskusi di forum Aksesibilitas.

Navigasi dan pengaturan

Bagaimana saya login ke Moodle?
Pergi ke URL yang benar (alamat) dari situs yang sudah terinstall Moodle, login dengan username dan password, atau masuk sebagai Tamu (jika diperbolehkan). Kebanyakan situs Moodle akan memiliki link untuk membuat sebuah account baru atau permintaan rincian lupa password.

Bagaimana saya mendapatkan akses Moodle?
Gunakan blok Navigasi di sisi halaman Anda. Dari sana Anda dapat pergi langsung ke bagian manapun dari Moodle.

Bagaimana cara mengedit?
Anda hanya dapat mengedit hal-hal yang Anda punya izin untuk mengedit. Seorang pengguna biasa seperti mahasiswa hanya dapat mengedit halaman MyMoodle mereka dan mungkin halaman profil mereka. Seorang pengguna dengan hak mengedit seperti guru dapat menggunakan ‘Hidupkan editing pada’ tombol “Turn Editing On” atau link dalam Pengaturan blok untuk mengedit item. Seorang tamu tidak dapat mengedit apa-apa dan Administrator dapat mengedit apapun yang dia suka

Siapa yang dapat membuat dan mengedit kegiatan, dan hal lainnya dalam program?
Siapa pun yang memiliki kemampuan pengeditan. Biasanya, itu adalah Guru yang menciptakan dan mengedit program dan kegiatan dalam kursus, tetapi peran ini dapat diubah, kembali bernama (misalnya Fasilitator) dan diberikan kepada orang lain juga.

Contoh
Apakah ada contoh yang baik penggunaan Moodle saya bisa melihat?
Tentu! Periksa koleksi video kecil dan membolak-balik cerita di Moodle Buzz. Ada juga sebuah sekolah yang penuh contoh bagi Anda untuk melihat dan bermain dengan moodle.

Bagaimana cara berbagi ide dan belajar dari pendidik lain menggunakan Moodle?
Dengan berpartisipasi dalam banyak cara, baik melalui acara, forum di Moodle.org dan jaringan di tempat lain.

Apakah ada sumber yang baik untuk program bersama?

Tentu ada. Hub Via Komunitas Anda dapat mencari, masuk, download dan mempublikasikan, kursus bersama ..

Apakah ada dukungan untuk K-12 terutama menggunakan kegiatan?
Ada sebuah forum yang didedikasikan untuk K-12 konteks pada Moodle.org. Itu adalah sebuah awal yang baik!

Belajar dengan Moodle – pedagogi

Apa cara terbaik untuk menggunakan Moodle?
Tidak ada satu cara terbaik untuk menggunakan Moodle. Penggunaan Moodle banyak tergantung pada filosofi sendiri dari latar belakang pendidikan seseorang, dalam konteks di mana Moodle digunakan dan kesediaan untuk bereksperimen. Moodle dapat digunakan sebagai alat controller yang ketat dalam menggunakan bahan yang terpercaya, dan ini sudah digunakan lebih dari 30 tahun.

Apakah ada ajaran perintah dan larangan?
Tentu. Sejumlah mereka telah disarankan oleh komunitas pengguna Moodle.

Moodle dapat digunakan dalam berbagai subyek yang berbeda (misalnya matematika, bahasa, seni, media, ilmu pengetahuan …)?
Ya. Moodle adalah digunakan dalam berbagai bidang. Pengguna di beberapa bidang studi dapat mengambil manfaat lebih lanjut dari standar atau yang kompatibel pihak ketiga modul dan plugin (misalnya dalam matematika, notasi Tex filter (standar) atau DragMath editor persamaan (pihak ketiga plugin)).

Bagaimana saya bisa menggunakan Moodle untuk merangsang siswa berpikir lebih keras dan mengajukan pertanyaan yang baik?
Dengan mengajukan pertanyaan yang baik dan mendorong siswa dapat bergulat dengan dan mengeksplorasi melalui bantuan kegiatan, sumber daya dalam suatu kursus. Sebagai contoh, membuka forum diskusi dengan pertanyaan provokatif, memulai wiki di mana kelompok-kelompok kolaboratif membangun solusi … dan banyak lagi!

Bagaimana saya bisa berkomunikasi dengan siswa dengan menggunakan Moodle?
Banyak cara yang tersedia. Beberapa contoh termasuk: Forum yang besar untuk percakapan diperpanjang dari waktu ke waktu, Pesan untuk saluran pribadi, Chat untuk percakapan sinkron, dan Komentar untuk pemberitahuan cepat dan komentar. Anda juga dapat bertukar umpan balik online dengan Tugas, komentar untuk posting Blog … dan banyak lagi!

Bagaimana kita bisa berbagi sumber daya dengan Moodle?
Moodle menawarkan sejumlah cara untuk berbagi konten: membuat file dan folder yang tersedia untuk peserta kursus, mengumpulkan sumber daya apapun dengan Database, melampirkan file ke Forum posts, mengimpor dan menghubungkan sumber daya ke dan dari repositori eksternal / portofolio dan banyak lagi!

Bagaimana Moodle membantu orang berkolaborasi?
Gunakan berbagai kegiatan seperti wiki untuk membuat konten bersama, Forum dan Komentar untuk bertukar ide, Database untuk kolektif mengumpulkan sumber daya, Daftar Istilah untuk menciptakan pemahaman bersama tentang konsep dan banyak lagi! Anda dapat mengelompokkan siswa dalam salah satu kegiatan untuk mempromosikan kolaborasi.

Bagaimana kelas saya dalam Moodle?

Nilai dapat dibuat dalam setiap kegiatan dalam kursus yang kemudian ditambahkan ke Buku Nilai tersebut. Sebagai contoh, nilai dalam Tugas (semua jenis), Kuis dan Lokakarya kegiatan secara otomatis ditambahkan ke Buku Nilai. Dalam beberapa kegiatan yang akan Anda harus mengaktifkan grading pada, seperti peringkat ‘pada’ Glosarium di Forum, dan Database untuk mengirim mereka ke Buku Nilai tersebut. Anda juga dapat menggunakan gradebook untuk menyesuaikan, atau secara otomatis menetapkan skala suatu aktivitas kelas dalam kursus Anda. Ada banyak kesempatan untuk bertukar umpan balik pada banyak kegiatan, tidak hanya nilai.

Dapatkah siswa melakukan tugas-tugas penilaian diri dan jenis Pekerjaan Rumah dengan Moodle?

Ya. Mungkin aktivitas terbaik untuk melakukannya adalah modul Lokakarya. siswa dapat mengevaluasi (dan bahkan menilai) Forum satu sama lain ‘posting, entri Daftar Istilah, dan entri database.

Apakah pendekatan ‘konstruksionis sosial’ diperlukan bila menggunakan Moodle?
Moodle terus dibangun dengan filosofi, konstruksionis sosial tertentu dalam pikiran. Hal ini tentu saja tidak menghalangi orang dari menggunakan Moodle sejalan dengan pandangan mereka sendiri yang mereka sukai belajar dan tujuan mereka menggunakannya untuk.

Siswa

Berapa lama waktu yang diperlukan siswa untuk belajar menggunakan Moodle?
tidak banyak pengetahuan komputer untuk menggunakan Moodle. Dengan web dasar browsing dan keterampilan mengedit, siswa (dan guru) dapat menggunakan Moodle dengan segera!

Apa yang saya perlu tahu sebelum menggunakan Moodle?
Perlu tahu bagaimana login ke situs, dan memiliki beberapa web browsing dasar dan keterampilan komputer. Misalnya, perlu cara kerja mouse dan keyboard, apa link yang, mungkin bagaimana untuk melampirkan, meng-upload atau download file.

Apakah siswa harus online semua waktu untuk menggunakan Moodle?
Moodle adalah sistem manajemen pembelajaran online dan pada titik tertentu Anda dan siswa Anda akan harus menghabiskan beberapa waktu di depan komputer. Berapa banyak waktu tergantung pada apa yang Anda gunakan untuk Moodle. Kebanyakan situs Moodle digunakan untuk mencampur kegiatan belajar offline dan online.




Mendapatkan bantuan

Apakah ada meja dukungan resmi untuk Moodle?
Ya dan tidak. Forum Moodle.org dapat berfungsi sebagai tempat dukungan. Mitra Moodle (cv.whitecyber) akan mengenakan biaya sebagai bagian dari layanan mereka. Seringkali, seperti LMS harga lebih tinggi, sekolah atau help desk.

Apa yang harus saya lakukan jika saya terjebak? Apakah ada tutorial yang bagus di sekitar?
Dapatkan bantuan beberapa di Moodle.org di forum atau cari dokumentasi Moodle Ada juga banyak buku dan manual tersedia, dapat juga anda menghubungi Cv.whitecyber untuk mendapatkan tutorial softcopy maupun hardcopy.

Bagaimana jika saya memiliki pertanyaan spesifik tentang alat ?
Penelitian itu dalam dokumentasi Moodle dengan menggunakan kotak pencarian di sebelah kiri dari setiap halaman dalam Moodle Documents. Klik pada ikon bantuan pada situs Moodle Anda. Pergi ke sebuah forum yang didedikasikan untuk alat itu. Penelitian dengan menggunakan kotak moodle.org Cari di bagian atas halaman ini.

Bagaimana saya bisa menyarankan perbaikan dan mengajukan apa yang saya ingin lihat dalam Moodle?
Moodle Tracker adalah adalah tempat terbaik untuk menyarankan perbaikan. Berkas masalah atau saran perbaikan di sana, dan membiarkan orang tahu di sebuah forum tentang ide-ide Anda. Mungkin mereka akan memilih untuk itu (yang cenderung untuk mendapatkan perhatian orang).

Dimana aku bisa mendapatkan pelatihan tentang bagaimana menggunakan Moodle?
CV.WhiteCyber menyediakan program pelatihan moodle ke berbagai sekolah di jawa tengah. Mitra Moodle Moodle tahu terbaik dan dapat memberikan pelatihan resmi. Anda juga bisa berpikir untuk melakukan Sertifikat Kursus Moodle untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Dasar Moodle jargon

Moodle menggunakan kata-kata yang Anda belum akrab, non-Moodle konteks. Dalam Moodle, Kata-kata ini memiliki arti spesifik (dan berpotensi berbeda) yang akan kita jelaskan.

Apakah itu Kursus itu?
Guru menampilkan materi untuk siswa mereka.

Apakah itu Kategori?

Pengelompokan program dengan kriteria tertentu (seperti: Sains, SMP, Luas Staf). Hal ini dapat menjadi kelompok pertanyaan, atau kelompok entri dalam glosarium.

Apakah itu sebuah Kegiatan?
Biasanya kegiatan adalah sesuatu yang mahasiswa akan melakukan interaksi dengan siswa lain dan atau guru. Moodle memiliki jenis kegiatan lebih dari selusin alat kegiatan bagi guru untuk digunakan dalam suatu kursus.

Apakah itu Referensi?
Sumber daya guru item yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran, seperti file atau link. Sebuah Moodle standar dilengkapi dengan 6 jenis sumber daya yang dapat ditambahkan ke kursus.

Apa itu Blok?
blok item yang dapat ditambahkan ke kiri atau kanan di halaman rumah kursus itu. Ada puluhan blok yang berbeda yang dapat ditambahkan program, atau halaman dalam kursus.

Apa itu plugin?
Plugin adalah komponen tambahan opsional yang dapat menambahkan fungsionalitas ke Moodle Anda. Beberapa plugin standar Moodle perlu dihidupkan oleh Administrator Moodle. Lebih banyak dapat didownload dari Modul dan database Plugin.

Apa itu Filter?

Filter dapat digunakan untuk menambahkan link, menyisipkan pemutar multimedia, mengkonversi ekspresi matematika atau emoticon ke gambar yang ditampilkan.

Apa Section?
Daerah dalam suatu homepage kursus yang menyelenggarakan kegiatan dan sumber daya. Format standar saja bagian adalah topik, minggu, sosial dan SCORM.

Role apa itu?
Rolwe sadalah kumpulan dari izin yang dapat ditugaskan untuk pengguna tertentu dalam konteks tertentu. Sebagai contoh, ketika pengguna terdaftar dalams kursus sebagai seorang mahasiswa.

Keamanan

Seberapa aman Moodle?
Moodle dirancang untuk menjadi sangat aman. Namun, tergantung pada webserver yang dipakai, untuk itu usahakan update terus moodle terbaru.

Apakah Moodle bisa di hack dan data siswa dapat dicuri?
Hal ini tidak akan terjadi andaikata kita selalu meng-update system keamanana moodle. Hal ini tetap dapat terjadi namun Moodle membuat sulit bagi orang-orang jahat untuk menyebabkan kerusakan.

Bagaimana jika saya melakukan sesuatu yang salah dan bagaimana cara mudah memperbaikinya?
Moodle secara otomatis dapat di setting untuk uptodate secara otomatis

Apakah data siswa saya aman di hosting yang murah atau gratis?
Meskipun Anda memiliki beberapa kontrol keamanan dari sebuah situs Moodle di web host gratis atau murah, pertanyaannya adalah: Berapa banyak Anda percaya host web Anda?

Dapatkah saya melacak dan mencari apa yang orang lakukan dan posting di Moodle?
Dengan asumsi Anda seorang guru dan tentu saja itu adalah Anda, ya. Moodle Admin dapat melakukan itu untuk seluruh situs.

Dapatkah saya mem-backup Moodle, jadi saya tidak kehilangan hal-hal?
Ya, Anda dapat cadangan situs Moodle atau sebagai guru Anda dapat membuat cadangan program studi Anda dan download (jika peran Anda mengizinkan itu). Dengan izin yang tepat, Anda dapat mengembalikan program studi Anda dan / atau bagian program impor di tempat lain di situs Anda atau lebih. Hal ini dapat sangat berguna dengan Hub Masyarakat (Moodle 2.0 fitur).

Teknis

Apakah saya perlu server sendiri untuk menjalankan Moodle?
Moodle membutuhkan web server. Ada banyak pilihan. Lihat Mitra Moodle, Lengkap menginstal paket-paket dan Instalasi FAQ.

Apakah saya harus menginstal Moodle sendiri?
Anda dapat, panduan yang diberikan. Sebagian besar organisasi akan memiliki kebijakan tentang ini dan / atau seseorang untuk melakukan instalasi.

Dapatkah saya menyesuaikan tema dan membuatnya tentang sekolah kami?
Ya, lihat Tema. Anda dapat menyesuaikan tema ke satu mata pelajaran. Ada banyak cara untuk membuat Moodle tampak terlalu besar.

Apakah itu penting apa jenis komputer atau browser saya gunakan untuk Moodle?
Moodle bekerja dengan baik di semua, browser standar modern dan sistem operasi yang berbeda. Seperti halnya aplikasi berbasis web, Anda harus menyadari audiens Anda, bandwidth khas mereka dan browser web.

Dapatkah Anda menggunakan Moodle dari mana saja?
Ya, jika pada web server terpasang ke internet dan Anda memiliki komputer, perangkat mobile atau tablet. Atau jika pada web server yang melekat ke intranet yang sama (jaringan internal) sebagai komputer atau tablet yang perlu bekerja itu. Dan Anda bahkan dapat menempatkan Moodle pada drive USB.

Dapat mengakses ke Moodle dibatasi untuk hanya sekolah kami?
Ya, beberapa cara untuk melakukan ini. Sebagai contoh, dapat diinstal pada jaringan sekolah internal Anda, atau membatasi IP dengan yang ditugaskan oleh sekolah Anda, atau hanya secara manual mendaftarkan siswa Anda hanya beberapa cara.

Dapatkah saya mengakses Moodle dari perangkat mobile?
Ya. Dalam Moodle 2.1 Anda menggunakan aplikasi Mobile untuk iPhone. Anda dapat menetapkan satu tema sebagai default tetapi juga mengatur tema lain untuk perangkat mobile dan yang berbeda untuk tablet.

Aku datang dari sebuah sekolah yang menggunakan VLE berbeda / LMS. Dapatkah saya memindahkan barang-barang saya ke Moodle?
Tentu. Beberapa kegiatan VLE / LMS-spesifik mungkin (tidak) akan kompatibel, tapi Anda dapat zip file konten Anda dan unzip mereka dalam Moodle.

Saya melihat bug di sistem. Apa yang harus saya lakukan?
Pergi ke Tracker, pencarian jika bug tersebut telah dilaporkan dan menciptakan masalah baru jika tidak.

Saya punya ide untuk fitur dan / atau perbaikan dalam Moodle. Apa yang harus saya lakukan?
Pergi ke Tracker, pencarian jika sesuatu seperti ide Anda telah dicatat dan bekerja pada dan menyarankan jika tidak.

Biaya

Berapa biaya untuk download dan menggunakan Moodle?
Dengan cara yang GNU General Public License, Moodle adalah dan akan tetap bebas untuk download dan digunakan dalam cara apapun yang Anda suka. Pertimbangkan itu gratis seperti ‘anjing bebas’ yang memerlukan perawatan dan perhatian untuk tumbuh, tidak bebas seperti ‘bir gratis “.

Berapa biaya untuk menjalankan Moodle?

Tidak ada untuk menginstal, menggunakan dan perubahan. Tentu saja, ada beberapa biaya yang terkait jika Anda memiliki Moodle Anda host dengan seseorang, dan biaya yang terkait dengan pemeliharaan dan pelatihan dalam organisasi (seperti perangkat lunak lainnya …). Tapi tidak royalti, biaya atau retribusi.

Berapa biaya untuk memiliki host Moodle?
Ada banyak pilihan untuk hosting. Biaya ini biasanya terkait dengan layanan yang diberikan dan kapasitas (misalnya sebuah situs universitas dengan 10 000 pengguna secara alami akan biaya lebih untuk host dan mempertahankan dari sebuah sekolah komunitas kecil). Tanyakan Moodle Mitra lokal Anda dan tetap akan seperti itu Moodle juga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s